Sabtu, 30 Maret 2013

Laporan Kimia Uji Protein

Posted by Unknown On 08.39 | No comments


Judul : Uji Protein

Tujuan :

· Uji Biuret, untuk mengetahui adanya ikatan peptida (terbentuk warna ungu),

· Uji Xantoproteat, untuk mengetahui adanya asam amino yang mengandung cincin benzena (terbentuk endapan putih yang akan mengubah warna kuning jika dipanaskan),

· Uji Belerang (Uji Pb(CH3 COO)2) untuk menguji adanya asam amino yang mengandung belerang ( terbentuk endapan hitam )

Alat dan Bahan

Alat :

· Tabung reaksi 5 buah

· Alat penangas

· Pipet tetes

· Gelas kimia 50 ml

Bahan :

· Putih telur

· Susu putih

· Agar-agar putih

· Bayam

· Tempe

· Larutan CuSO4 1%

· Larutan NaOH 2M, 4M, 6M

· Larutan HNO3 2M

· Larutan CH3COOH 3M

· Larutan Pb(CH3COO)2

· Air bersih 0,1 liter

Landasan Teori

Protein (asal kata protos dari bahasa Yunani yang berarti "yang paling utama") adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon,hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.

Kebanyakan protein merupakan enzim atau subunit enzim. Jenis protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis, seperti misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Protein terlibat dalam sistem kekebalan (imun) sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon, sebagai komponen penyimpanan (dalam biji) dan juga dalam transportasi hara. Sebagai salah satu sumber gizi, protein berperan sebagai sumber asam amino bagiorganisme yang tidak mampu membentuk asam amino tersebut (heterotrof).

Struktur protein dapat dilihat sebagai hirarki, yaitu berupa struktur primer (tingkat satu), sekunder (tingkat dua), tersier (tingkat tiga), dan kuartener (tingkat empat):

· struktur primer protein merupakan urutan asam amino penyusun protein yang dihubungkan melalui ikatan peptida (amida).Frederick Sanger merupakan ilmuwan yang berjasa dengan temuan metode penentuan deret asam amino pada protein, dengan penggunaan beberapa enzim protease yang mengiris ikatan antara asam amino tertentu, menjadi fragmen peptida yang lebih pendek untuk dipisahkan lebih lanjut dengan bantuan kertas kromatografik. Urutan asam amino menentukan fungsi protein, pada tahun 1957, Vernon Ingram menemukan bahwa translokasi asam amino akan mengubah fungsi protein, dan lebih lanjut memicu mutasi genetik.

· struktur sekunder protein adalah struktur tiga dimensi lokal dari berbagai rangkaian asam amino pada protein yang distabilkan oleh ikatan hidrogen. Berbagai bentuk struktur sekunder misalnya ialah sebagai berikut:

Untuk lebih lejasnya sobat bisa download link di bawah ini :

==================
Laporan Kimia Uji Protein
==================

Semoga bermanfaat untuk sobat

0 komentar:

Posting Komentar


Entri Populer