Selasa, 02 April 2013

Gua Keramat di Dunia

Posted by Unknown On 06.32 | 1 comment
Banyak alasan pergi berwisata. Beberapa orang berpergian dengan alasan ingin melihat tempat-tempat yang tidak pernah mereka lihat sebelumnya. Beberapa wisatawan pergi jauh ke berbagai negara untuk melakukan sebuah perjalanan spritual, menemukan kedamaian, atau kedekatan dengan Sang Pencipta.

Berikut adalah beberapa gua yang kerap dijadikan destinasi wisata bagi para pencinta spiritualitas, seperti dikutip dari JourneyEtc:

1. Gua Longmen, China
China, negara yang memiliki sejarah sejak lebih dari 5.000 tahun lalu, meskipun kini negara ini telah memasuki masa modern dengan majunya perekonomian global. Namun, masih banyak tempat di China yang antik dan menyimpan spritualitas tersendiri. 

Salah satunya adalah Gua Longmen. Gua ini memiliki patung-patung yang menakjubkan dan arsitektur antik yang dipercaya telah ada ratusan tahun sebelum adanya peradaban di daratan ini. Gua Longmen ini sebenarnya serangkaian gua-gua kecil yang bertempat di sebuah kompleks tunggal di lereng bukit Xiangshan dan Longmen Shan.

Gua ini juga disebut "gerbang naga". Total ada 2.345 gua dan ceruk di sini, ditambah 43 pagoda-pagoda indah di sekitarnya, serta kurang lebih 2.800 prasasti. Gua ini merupakan gua yang dikeramatkan oleh umat Buddha di China.

2. St. Paul's Grotto, Malta

Gua ini merupakan sebuah gua di lereng bukit Bulbuldag, Ephesus, Malta. Gua ini memiliki banyak dokumen antik perkembangan agama Kristen.

Gua ini setiap tahunnya menarik jutaan wisatawan untuk datang dan mengunjungi, meski wisatawan tidak diperbolehkan masuk. Di Malta, St. Paul's Grotto ini merupakan rumah bagi St. Paul, seorang tahanan bangsa Roma pada tahun 60 Masehi.

St Paul berjasa bagi penduduk Malta karena selama tinggal di sini ia menyembuhkan banyak penduduk dari penyakit-penyakit yang cukup parah dengan mukjizatnya. Sehingga, ia dianggap sebagai dewa oleh penduduk lokal, juga jemaat lainnya yang kerap ke gua ini untuk berdoa atas nama St. Paul.

3. Gua Minoan, Crete, Yunani

Yunani tidak diragukan lagi sangat percaya pada hal-hal spiritual dan juga dewa-dewa. Di Crete saja ada sekitar 3.000 gua suci yang dibuka umum untuk wisatawan, yang dipersembahkan untuk dewa-dewi mitologi kuno Yunani.

Salah satu yang terkenal dari gua-gua ini adalah Gua Minoan, yang merupakan representasi dari suku Minoan yang menyembah dewi-dewi mereka pada tahun 2600 hingga 1100 sebelum masehi.

Yang lebih populer bagi pengunjung sebenarnya adalah Gua Dikteon, yang tidak jauh dari Munoan. Bagi pengunjung yang familiar terhadap film hollywood yang berbasis mitologi Yunani seperti Troy dan Hercules wajib mengunjungi Gua Dikteon, yang menurut legenda merupakan tempat Zeus dilahirkan oleh Rhea.

4. Gua Candi Dambulla, Sri Lanka

Gua yang terletak di Sri Lanka ini terdiri dari patung-patung Budha di tempat seluas 1950 meter persegi. Candi dibuat 20 abad yang lalu dan memiliki lima ruangan ibadah. Selain memiliki patung-patung Budha, candi ini juga memiliki beberapa patung dewa Hindu yaitu Dewa Ganesha dan Dewa Wisnu.

Bagi Umat Budha di Srilanka, Gua Dambulla merupakan gua yang keramat dan setiap tahunnya dikunjungi ratusan jemaah juga wisatawan. Hal ini bahkan telah berlangsung selama lebih dari 22 abad.

Di gua ini terdapat lima kuil Buddha. Gua ini diperkirakan dibangun pada tahun 1 Sebelum Masehi. Patung-patung di dalam gua ini sangat cantik karena dihiasi oleh emas yang berkilau.

5. Actun Tunichil Muknal, Belize

Belize mungkin terkenal dengan wisata pantainya, namun pulau ini juga memiliki destinasi wisata sipiritual, yaitu Actun Tunichil Muknal. Tempat ini digunakan oleh Suku Maya untuk memberikan pengorbanan kepada dewa-dewa mereka.

Gua Tunichil Actun Muknal terletak tersembunyi jauh di dalam Cagar Alam Tapir Nasional, dekat kota pegunungan cantik San Ignacio. Gua yang dihuni ribuan kelelawar ini juga dikenal sebagai gua makam batu, yang juga merupakan tempat suku Maya mengorbankan dirinya.

Di sini dapat ditemukan tulang-belulang seorang gadis remaja suku Maya yang mati ribuan tahun lalu namun tulangnya berubah dan mengkristal tidak seperti tulang pada umumnya.

Memasuki gua ini harus melewati jalur hutan yang indah, lalu berenang menyusuri pintu masuk gua yang terletak di bawah tanah. Gua ini dipercaya oleh suku Maya sebagai gerbang menuju 'dunia bawah' . Daya tarik yang terkenal di gua ini adalah tulang belulang yang masih lengkap milik seorang wanita yang disebut "The Crystal Maiden".

6. Gua Sof Omar, Ethiopia

Gua Sof Omar tidak hanya merupakan sebuah destinasi keramat di Ethiopia, namun gua yang terbuat dari batu kapur ini juga merupakan keajaiban alam.

Dengan panjang 15,1 kilometer, Gua Sof Omar merupakan gua terpanjang di Ethiopia. Selain itu, gua ini juga memiliki lorong-lorong terpanjang di Afrika dan menjadi gua terpanjang ke306 di dunia.

Gua Sof Omar berada di sebelah timur Kota Robe. Gua ini dikenal memiliki banyak pilar, yang membuatnya dijuluki "Ruang Pilar".

Legenda setempat menyebutkan bahwa jalan masuk gua ini ditemukan oleh seorang Muslim bernama Sheikh Sof Omar pada abad ke-12. Sheikh Omar kemudian menjadikan gua ini sebagai mesjid untuk tempatnya dan umatnya beribadah.

7. Grotte De Font De Gaume, Prancis

Gua Font-de-Gaume adalah sebuah gua di sebelah barat daya Prancis. Gua ini berisi lukisan-lukisan dan pahatan yang menceritakan masa prasejarah.

Ahli sejarah percaya bahwa gua ini dibangun 15.000 tahun yang lalu. Keunikan gua ini ada pada lukisan di dinding kapurnya yang berupoa lukisan hewan seperti kuda-kkuda, sekumpulan bison dan kawanan mammoth yang berwarna-warni. Tidak ada yang tahu pasti arti dari lukisan ini, namun beberapa ahli arkeologi percaya lukisan tersebut menggambarkan sebuah kegiatan perburuan.

Hingga kini, sekira 230 lukisan dan pahatan telah ditemukan di dinding gua ini. Diperkirakan para ahli sejarah dan arkeologis, masih banyak lagi lukisan purba di dalam gua ini yang belum ditemukan.

1 komentar:

  1. DUNIA BLOG 99 Kunjungan perdana mas bro, langsung membaca hal-hal yang keramat. Informasi yang bagus. Salam kenal persahabatan.

    BalasHapus


Entri Populer