Rabu, 20 Februari 2013

Tips Tubuh Tetap Aktif Sepanjang Hari

Posted by Unknown On 08.12 | 1 comment
Setiap hari kita bekerja, mulai dari pagi hingga petang. Tak jarang di akhir pekan kita masih terus bekerja. Adakalanya melalui suatu hari dengan penuh semangat. Energetik, seolah tak kenal lelah. Sebaliknya, tak jarang pula kita isi suatu hari dengan kelesuan, loyo dan murung.
Bekerja seharian penuh dengan hati dan fisi yang bugar selalu menyenangkan.Sedangkan, bekerja dengan pikiran ruwet dan tubuh yang lesu, jauh dari kata menyenangkan. Karena itu ada baiknya kita mensiasati bagaimana bisa menumbuhkan kebugaran, menemukan energi dan semangat bekerja sepanjang hari. Hukum bekerja itu sederhana saja: bila hati senang, kerja pun baik. 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda coba untuk menemukan kebugara jiwa dan tubuh sepanjang hari dengan kerja yang padat:

1. Mulailah hari anda dengan pikiran positif.
Ketikan pertama kali membuka pelupuk mata dipagi hari, ucapkan syukur bahwa anda masih diberi kesempatan untuk menjalani hari ini. Bersiaplah untuk memberikan sesuatu yang terbaik dari diri anda untuk bumi ini. Lakukan khusyu, kontemplasi, meditasi atau apa pun namanya. Ini baik agar pikiran anda jernih dan positif. Setelah itu, ada baiknya anda setel musik ceria kegemaran anda. Lalu, go, go, go, siap bekerja.

2. Lakukan olahraga ringan.
Berikan Kebugaran pada tubuh anda dengan melakukan olahraga ringan. Hirup udara banyak-banyak. Biarkan tubuh anda bergerak dan berkeringat. Namun, tak usah terlalu ngoyo. Lebih baik lagi, bila anda lakukan itu bersama-sama dengan pasangan, anak-anak, atau teman-teman anda.

3. Sarapan secukupnya.
Sarapan adalah pemasok bahan bakar terpenting (gula dara) bagi tubuh. Sarapan bukan hanya bermanfaat di pagi hari, namun juga siang dan sore hari. Sarapan akan menghindari anda dari jajan di jam kerja, sehingga membantu anda menjaga berat tubuh, menguatkan daya pikir dan mempertahankan semangat kerja. Namun demikian, yang penting adalah jenis makanan yang anda makan haruslah lengkap, terutama protein yang bisa mempertahankan kadar gula darah sepanjang hari. Bila perlu tambahkan susu. Agar anda berselera, susun menu.

4. Istirahat itu penting.
Bekerja terus boleh-boleh saja, namun tanpa diselingi istirahat, anda akan cepat jatuh loyo. Bahkan, petinju yang bertanding pun harus rehat selama satu menit setiap tiga menitnya. Lakukan relaksasi dan peregangan untuk tubuh anda, tarik nafas dalam-dalam, pejamkan mata anda sejenak, di sela-sela pekerjaan anda. Jangan sia-siakan waktu rehat makan siang, tetapi jangan makan terlalu kenyang. Ini malah membuat anda mengantuk. Makanlah banyak sayur dan buah segar. Jangan tergoda untuk mengkonsumsi makanan ringan kecuali bila anda benar-benar membutuhkannya.

5. Cukupkan kebutuhan tidur anda.
Kendaraan pun perlu istirahat. Begitu pun dengan tubuh dan jiwa Anda. Dan tempat istirahat terbaik adalah tidur yang nyenyak dan cukup. Aturlah jam tidur dan bangun yang teratur. Ini baik untuk kebugaran anda esok hari.

6. Berenergi setiap hari dengan cara

a. Terapkan Pola Makan Yang Seimbang
Pola makan seimbang tak hanya akan membuat pinggang kita ramping, tapi juga menjadi cara paling tepat untuk menyempurnakan hari karena tak takut menjalani berbagai aktivitas. Lalu makanan apa saja yang bisa membuat fisik selalu bergairah untuk beraktivitas?

Seimbang, artinya selalu ada daging, protein, buah, sayur, dan beras merah atau gandum utuh dalam menu harian kita. Jangan lupa juga untuk memasukkan camilan sehat seperti wortel rebus yang bisa secepat kilat mengisi tangki energi kita.

b. Jangn Malas Minum
Kebanyakan dari kita lupa bahwa air putih akan mengganti setiap cairan tubuh yang keluar melalui keringat atau urin. Dengan begitu kita akan selalu terhidrasi dan ini berarti bebas dari kelelahan. Dan agar kita terhindar dari dehidrasi, inilah panduan menikmati minuman yang dapat membuat kita gesit sepanjang hari :
• Jangan lupa minum air sebelum, saat, dan setelah berolahraga. Karena olahraga masuk dalam ketegori aktivitas yang bisa menguras cairan tubuh dengan cepat yang kemudian membuat tubuh kelelahan.

• Jika kita berolahraga 1 jam lebih, usahakan minum untuk setiap 15-20 menit sekali.

• Saat musim kemarau, untuk menghindari dehidrasi, cobalah untuk berolahraga pada pagi hari atau malam hari. Sehingga kemungkinan kehilangan cairan berlebihan, bisa ditekan.

c. Beri Tubuh Istirahat Yang Cukup
Jika kita merasa lelah atau lesu, tapi bukan karena sedang sakit, dapat dipastikan kita tengah kehabisan energi karena kurang istirahat. Dan yang dapat kita lakukan untuk kembali bersemangat adalah:

• Berikan tubuh istirahat 8 jam setiap malam. Ini adalah durasi yang paling pas untuk menyambut hari esok dengan penuh kebugaran.

• Cobalah jalan cepat. Meski hanya 5-10 menit, jalan cepat akan memberikan pasokan energi yang cukup agar kita kembali bugar.

• Jauhi alkohol, kafein, dan nikotin. Ini adalah bahan-bahan kimia yang akan mencuri energi kita secara besar-besaran.

1 komentar:


Entri Populer