Selasa, 19 Februari 2013

Kesehatan Pria

Posted by Unknown On 02.07 | 1 comment
Tingkat aktivitas fisik secara signifikan ternyata dapat memengaruhi kualitas sperma lelaki.
Demikian hasil penelitian terkini yang dilakukan para peneliti di Harvard School of Public Health (HSPH), Amerika Serikat (AS).

Kesimpulan ini didapat setelah Audrey Gaskins, seorang mahasiswa doktoral di HSP dan timnya menganalisis kualitas semen (air mani) dari 189 lelaki sehat berusia antara 18- 22 tahun.

Para responden yang dilibatkan dalam Rochester Young Men's Study (2009) di University of Rochester itu, ditanya tentang aktivitas fisik dan kebiasaannya menonton TV. Selain itu,
mereka juga ditanya mengenai pola makannya (diet), kebiasaan merokok dan tingkat stres. Semua poin tersebut ditanyakan para peneliti, karena dapat mempengaruhi kualitas sperma.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa lelaki yang menonton TV lebih dari 20 jam seminggu memiliki jumlah sperma 44 persen lebih rendah daripada mereka yang jarang atau nyaris tidak menonton TV.

Sementara lelaki yang melakukan latihan fisik moderat selama 15 jam atau lebih dalam seminggu memiliki jumlah sperma 73 persen lebih tinggi daripada mereka yang latihan  fisik kurang dari lima jam per minggu.

Dalam penelitian tersebut juga ditemukan ternyata latihan ringan tidak mempengaruhi kualitas sperma.

Penulis: Ririn Indriani
Sumber:Zeenews

1 komentar:


Entri Populer